Sabtu, 20 Juni 2009

Membuat Obyek Standar pada 3DMax

Dalam membuat obyek standar pada 3DMax, terbagi atas dua standard, seperti berikut ini :
A. Standard Primitives
Standard ini merupakan kelompok obyek 3D dengan bentuk dasar berupa obyek – obyek bentuk sederhana. Bentuk dasar obyeknya meliputi : Box, Sphere, Torus, Cylinder, Teapot, Cone, GeoSphere, Tube, Pyramid, dan plane. Tapi bagian ini hanya akan dijelaskan mengenai box, Sphere, dan Geosphare
• Box
Fasilitas yang digunakan dalam membentuk kubus yang dihasilkan oleh parameter length, width, height, length segs (menentukan jumlah segmen pada sisi lebar), dan Height seg(menentukan jumlah segmen pada sisi tinggi).
• Sphere
Fasilitas yang digunakan dalam menghasilkan obyek bola, dengan parameter pembentuknya seperti radius, segment, smooth, dan hemisphere.
• Geosphare
Geodesic Sphere pada prinsipnya sama dengan obyek sphere , karena sama – sama membentuk bola, hanya saja metode pembentuknya yang berbeda, selain itu Geosphere memiliki tiga type yaitu Tetra, Octa, dan Icosa, sedangkan untuk fasilitas Hemisphere hanya bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

B. Extended Primitives
Merupakan kelompok obyek 3D dengan membentuk dasar berupa model yang lebih spesifik. Bentuk model ini meliputi : Hendra, ChamferBox, OilTank, Spindle, Gengon, TorusKnot, ChamferCyl, Capsule, L-Ext, dan C-Ext. Dimana dibagian ini hanya akan dijelaskan mengenai Hendra, ChamferBox, dan OilTank.
• Hendra
Merupakan fasilitas obyek yang menghasilkan berbagai macam bentuk 3D, dengan pilihan yang ada pada parameter family seperti Tetra, Cube/Octa, Dodec/Icos, Star1, Star2, dan Radius.

• ChamferBox
Merupakan fasilitas obyek yang digunakan dalam menghasilkan bentuk dasar kotak yang memiliki sudut oval, dengan parameternya seperti length, width, height, fillet, length seg, width seg, dan height seg.
• OilTank
Fasilitas ini digunakan sebagai fasilitas obyek yang menghasilkan bentuk tangki minyak, dengan parameter pembentuknya adalah radius, height, cap height, blend, dan sides.

0 komentar: